-->

Khutbah Jumat Singkat " Syarat-Syarat Pemimpin Dalam Islam "

Khutbah Jumat Singkat " Syarat-Syarat Pemimpin Dalam Islam " sahabat sekalian dalam kesempatan ini admin akan menulis artikel Khutbah Jumat Singkat , yang mungkin ada beberapa shabat yang memerlukan baik untuk keperluan sebagai bahan khutbah, ataupun bagi siswa yang di tugaskan guru untuk mencari bahan atau contoh teks khutbah jumat.
Sahabat sekalian dalam artikel khutbah jumat kali ini, admin tidak menuliskan muqoddimah khutbah dari awal , admin sengaja karena muqoddimah tinggal sahabat cari dan sesuaikan dengan tema bahasan yang akan disampaikan dalam khutbah tersebut. Untuk artikelnya kita bisa simak langsung kepada materi yang akan di sampaikan yaitu :
Khutbah Jumat Singkat " Syarat-Syarat Pemimpin Dalam Islam "

Syarat-syarat Pemimpin dalam Islam

Hadirin Sidang Jumat Rohimakumulloh : Islam agama yang mulia, dan agama yang paling diridhoi Alloh SWT, dalam semua hal ada, dari mulai yang terkecil sampai yang terbesar ada aturannya, sehingga jelas umat islam harus mengerti, paham terhadap hukum-hukum yang berkaitan dengan hukum islam, baik hablum minalloh ataupun hablum minannas. maka dengan ini Rosulullah SAW menegaskan dalam Hadistnya :
THOLABUL ILMI FARIDHOTUN 'ALA KULLI MUSLIMIN WAL MUSLIMATIN yang artinya : mencari ilmu itu hukumnya wajib, bagi muslim laki-laki dan muslim perempuan, untuk apa ? yang jelas supaya kita paham dalam segala bidang keilmuan. sampai kepada kepemimpinan dalam islam itu di atur dalam peraturan yang telah digariskan dalam Al-Qur'an dan Hadist.
nah itu , kali ini khotib akan sedikit, menyampaikan beberapa syarat-syarat pemimpin dalam islam.
Hadirin Ikhwanul Muslimin Rohimakumulloh : Memilih pemimpin dalam islam tentulah sangat penting, karena dalam suatu pemerintahan atau suatu negara tidak ada pemimpinnya, maka tidak akan tercipta pemerintahan yang baik, nah untuk itu kita harus punya pemimpin dan memilih pemimpin. namun dalam islam ada kriteria-kriteria tertentu, supaya ada dalam keberkahan.
Hadirin Ikhwanul muslimin rohimakumulloh : syarat pemimpin dalam islam yang pertama adalah :

1. Harus Islam Tentunya

kriteria ini merupakan syarat mutlak, bagi pemimpin islam, karena itu sudah menjadi aturan yang digariskan oleh Alloh SWT melalui Al Qur'an yaitu  surat Almaidah ayat 51 :
Khutbah Jumat Singkat " Syarat-Syarat Pemimpin Dalam Islam "

2. Laki-laki menjadi  syarat yang kedua sesuai firman Alloh SWT surat An-Nisa ayat 34


dan dalam sebuah hadist Bukhori dikatakan :
tidak akan beruntung suatu kaum yang mengangkat seorang wanita sebagai pemimpinnya ( HR. BUkhory )
3. Harus Dewasa, dewasa dalam intelektualnya, emosionalnya dan spiritualnya, ini tertuang dalam QS An-Nisa ayat 5 ; ( silahkan cari ayatnya dan artinya..! )
karena dalam sebuah hadist dikatakan : dimana menyerahkan urusan  (kepemimpinan) bukan kepada ahlinya maka tunggulah kehancurannya ( HR. BUkhori Muslim )

4. Adil ketentuannya ada dalam surat SHAD ayat 26 ( silahkan cari ayatnya )

kenapa harus yang adil, dan bagaimana pemimpin yang adil itu, pemimpin yang adil itu, adalah pemimpin yang belajar berlaku benar dan jujur, bersih dohirnya dan bathinnya dari yang di haramkan Alloh SWT, mampu mengontrol emosinya diwaktu bahagaia dan waktu susah
5 Harus kuat sehat, fisik dan mentalnya , dapat dipercaya dan memiliki wawasan yang luas, sesuai firman Alloh SWT dalam surat Albaqoroh ayat 247 ( silahkan cari ayatnya )
Hadirin Ikhwanul muslimin sidang jumat rohimakumulloh..
itulah diantara syarat-syarat pemimpin dalam islam, tentunya kita sebagai umat islam, dalam hal menentukan calon pemimpin telah ada dalam aturan agama islam yang termuat dalam kitab suci al qur'an, semoga kita semua mendapatkan pemimpin yang sesuai harapan kita, dan semoga pemimpin yang belum menjadi harapan kita, yang beragama islam, kita doakan semoga mereka menjadi pemimpin-pemimpin yang baik, wakil-wakil rakyat yang baik, Aamiin Ya Robbal Alamiin.
Baarakallohulii walakum wataqobbala minni wamingkum tilaawatahu innahu huwattawwaburrahiim.

nah itu hanya contoh yang dapat admin tulis, semoga tulisan ini bermanfaat, bagi kita semua. Aamiin

0 Response to "Khutbah Jumat Singkat " Syarat-Syarat Pemimpin Dalam Islam ""

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel